10 Apr 2012

Sharing Menulis di MAN PK Surakarta

Minggu, 8 Maret 2012, MAN PK Surakarta mengadakan sharing bareng cerpenis, Zakky Zulhami dan penulis buku Jadi Jurnalis Itu Gampang, Imam F.

"Salah jika kita berfikir untuk menerbitkan buku harus masuk penerbit-penerbit besar", kata Zakky disela-sela penyampaiannya, menjelaskan kekuatan sebuah fotokopian yang kemudian merambah pasar. "kita bisa memulai dengan memfotokopi karya dan membagikannya dengan kawan-kawan".

Perjuangan Zakky sendiri dalam menyebarluaskan karya-karyanya termasuk elit. Mulai dari selembaran, mendirikan komunitas senjakala sampai menerbitkan buku secara indie. "Jika memang tidak bisa melewati jalan depan, kita lewat jalan pinggiran" jelasnya pada peserta.

Dalam materi yang berbeda, Imam yang juga sebagai citizen Journalim, menjelaskan betapa mudahnya menjadi seorang 'jurnalis'. "Bukan sebagai profesional, semua orang dapat berbagi informasi bahkan lewat jejaring sosial" katanya menjelaskan.

Sekarang banyak media yang dapat kita gunakan untuk berbagi informasi, mulai dari situs pribadi (baca: blog, jejaring sosial) sampai situs khusus yang sengaja di buat untuk menampung hasil reportase sederhana.

"Mari gunakan FB, atau semacamnya dengan bijak. Jangan hanya mnggunakannya sebagai ajang curhat, pergunakan itu untuk memberi informasi kepada teman yang lain" kata Imam menutup acara.

0 komentar:

Posting Komentar

Katakan apa yang ingin kamu katakan